Jembatan Cigunung Ambruk, Akses Warga Dua Desa Terganggu

CIAMIS – Jembatan Cigunung penghubung antar Desa Nagarajaya dan Desa Nagarajati di Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus akibat tak kuat menahan derasnya aliran Sungai Cigunung, Rabu (19/2/2020) sore.

Akibat jembatan putus, aktivitas perekonomian warga setempat dipastikan terhambat. Terutama warga Desa Nagarajati, karena jembatan tersebut akses tercepat menuju pusat perkotaan Panawangan.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Utara Dimas mengatakan bahwa, jembatan ambruk terjadi saat hujan deras mengguyur Panawangan. Volume air sungai tiba-tiba melimpah deras dan menghantam bagian fondasi dan menggerus tanah pada penyangga jembatan.

“Jembatan itu letaknya di Nagarajaya, tapi akses tercepat bagi warga Desa Nagarajati menuju Panawangan. Memang kondisi jembatan ini sudah sangat tua. Kejadiannya tadi sekitar pukul 16.00 WIB,” ucapnya.

Sementara itu, Calon Kepala Desa Nagarajati Kecamatan Panawangan, Endang Suprianto mengatakan bahwa, program perbaikan jembatan harus segera dilakukan selain dari pemerintah juga harus dilakukan dan didukung bersama sama warga sekitar, karena jembatan tersebut adalah jalur penghubung antar desa.

“Jika hanya mengandalkan Program perbaikan dari pemerintah saja tidak akan cepat selesai tanpa dukungan dari masyarakat,“ terang Endang.

Endang berharap jembatan tersebut bisa segera diperbaiki secepatnya, sehingga tak menghambat aktivitas warga. Aliran sungai yang deras akibat hujan juga merendam area persawahan milik warga, yang lokasinya dekat bantaran sungai.

“Jembatan ambruk dan putus, jadi kendaraan serta orang tak bisa melintas. Meski ada jalan menuju Panawangan dari Desa Nagarajati, harus memutar cukup jauh,” tutur Endang. (Ran)