Jaksa Loloskan Kurir 30 Kilogram Sabu Dari Hukuman Mati

SURABAYA – Tuntutan pidana penjara seumur hidup yang dijatuhkan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Damang Anubowo membuat Herman Sudjiono alias Liang, terdakwa sebagai kurir 30 kilogram narkotika jenis sabu-sabu ini semakin lesu.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Herman Sudjiono alias Liang dengan pidana penjara seumur hidup,” kata JPU Damang Anubowo dari Kejari Surabaya saat membacakan amar tuntutan di ruang sidang Garuda 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (27/8/2019)

Terdakwa berusia 55 tahun yang tinggal di Jalan Dian Indah Kelurahan Babakan Kecamatan Ciparay, Bandung ini dinyatakan telah melakukan pemufakatan jahat tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 30 Kilogram.

Baca Juga:  Tiga Pengedar Narkoba Jaringan Antar Pulau Jalani Sidang di PN Surabaya

“Bahwa terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika sebagaimana diatur dalam pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” imbuh Jaksa Damang.

Atas surat tuntutan tersebut, terdakwa Herman Sudjiono alias Liang melalui Victor A Singa selaku penasehat hukumnya akan mengajukan pembelaan yang sedianya akan diajukan dalam persidangan satu pekan mendatang.

“Kami mengajukan pledoi yang mulia,” ucap Victor yang disambut ketukan palu ketua majelis hakim Dede Suryaman sebagai tanda berakhirnya persidangan.

Usai persidangan Victor mengaku keberatan dengan tuntutan jaksa yang dijatuhkan ke kliennya.

Baca Juga:  Akibat Wabah Virus Corona, PN Surabaya Batasi Pengunjung Sidang

“Karena peran terdakwa ini hanya kurir saja. Nanti akan kami paparkan dalam pembelaan,” pungkas Victor.

Untuk diketahui, Terdakwa Herman Sudjiono alias Liang ditangkap oleh Direktorat Narkoba Bareskrim Polri pada 31 Januari 2019 lalu, di Ruko Gunung Anyar Jaya Green City Kav 52 Surabaya.

Saat ditangkap, Petugas menemukan sabu seberat 30 Kilogram yang ditaruh terdakwa Herman Sudjiono alias Liang di dalam 22 kardus. (Ady).