Jadi Promoter Pertama, Dittahti Polda Jatim Terima Penghargaan Inovasi Aplikasi E-Tahti Semeru

SURABAYA – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) kembali luncurkan terobosan baru dan menerima penghargaan. Kali ini Direktorat Tahti (Dittahti) Polda Jatim menjadi promoter pertama Kepolisian se-Indonesia yang memberikan kemudahan masyarakat yang ingin menjenguk para tahanan tanpa menunggu lama untuk mengantri.

Penghargaan itu sendiri diberikan oleh Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Saputera Hasibuan kepada Direktur Tahti Polda Jatim AKBP Sutrisno dengan didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Gedung Patuh Mapolda Jatim, Jum’at (6/12/2019).

Usai memberikan penghargaan, Edi Saputera dalam sambutannya mengaku inovasi melalui aplikasi E-Tahti Semeru yang diluncurkan Dittahti Polda Jatim sudah dipercaya untuk memudahkan masyarakat terutama keluarga tahanan yang ingin membesuk tahanan.

Baca Juga:  Final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya VS Persija di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Supporter The Jack Mania Tidak Diijinkan Menonton

“Hampir mencapai 81,3 persen kepercayaan yang diberikan masyarakat atas inovasi kinerja pelayanan diberikan Polda Jatim. Hasil itu muncul setelah kita melakukan penelitian selama ini,” ujar Edi Saputera.

Pemberian apresiasi juga disambut hangat Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan. Diakui, bahwa penghargaan itu merupakan baru pertama kali di lingkungan Polda Jatim yang diberikan langsung oleh lembaga Lemkapi kepada Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Jawa Timur.

“Dimana Lemkapi selalu memberikan masukan serta kajian kepada kami sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan polri yang lebih baik khususnya dalam lingkup tahanan dan penerapan inovasi ini akan dilakukan kepada Polres-Polres di seluruh Jawa Timur,” kata Kapolda, Luki Hermawan, (6/12).

Baca Juga:  Polda Jatim Amankan 14 Unit Mobil Mewah Bodong

Perlu diketahui, aplikasi E-Tahti Semeru yang ada di Play Store bisa mengetahui jadwal besuk yang telah ditentukan tanpa antri lama melalui tiket elektronik yang dilengkapi kode barkot. Bagi keluarga tahanan yang berada di luar negeri bahkan belum menyempatkan diri, E-Tahti Semeru juga menyediakan sistem video call.

“Kami juga menyediakan ruang tunggu untuk disabilitas. Ada televisi dan kita pasang AC agar keluarga yang menjenguk tahanan tidak kepanasan lagi,” kata Dirtahti Polda Jatim, AKBP Sutrisno kepada awak media usai acara. (Ady)