Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak Puji Layanan Eazy Passport dari Imigrasi Balikpapan

BALIKPAPAN – Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak memberikan apresiasinya kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan.

Hal itu, dikatakan Kapolda Kaltim setelah tim pelayanan paspor Kantor Imigrasi Balikpapan mendatangi Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim).

Bertempat di Rumah Jabatan Dinas Polda Kaltim, Kamis (23/12) Kantor Imigrasi Balikpapan memberikan layanan paspor jemput bola yaitu Eazy Passport kepada Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak beserta jajaran keluarga besar Polda Kaltim.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama yang memimpin langsung kegiatan Eazy Passport ini mengatakan bahwa, layanan Eazy Passport ini merupakan salah satu inovasi unggulan Kantor Imigrasi Balikpapan yang begitu diminati masyarakat.

“Layanan Eazy Pasaport ini sangat diminati. Hal itu terlihat dari tingginya permintaan layanan tersebut, mulai dari instansi pemerintah, swasta, organisasi hingga komunitas masyarakat,” kata Rakha.

Rakha menjelaskan, layanan Eazy Passport adalah sebuah jawaban bagi masyarakat yang masih merasa takut atau khawatir tertular Covid-19 namun ingin membuat paspor tanpa perlu ke kantor Imigrasi.

Baca Juga:  Komitmen Menuju WBK, Kanim Madiun Gelar RDK Bahas Pembangunan ZI

“Ini bentuk inovasi jemput bola dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberikan pelayanan keimigrasian khususnya penerbitan paspor kepada masyarakat. Melalui Eazy Passport masyarakat akan semakin mudah dalam mengurus paspor tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi,” jelas Rakha.

Kegiatan Eazy Passport menyasar tidak hanya instansi-instansi pemerintah, namun juga perkantoran pada umumnya serta kampus bahkan juga perumahan.

Rakha menyebutkan, para pemohon juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai macam pilihan, mulai dari melalui kantor pos, datang ke teller bank, menggunakan mobile banking, atau bahkan melalui marketplace seperti Tokopedia ataupun BukaLapak.

“Eazy Passport diharapkan menjadi salah satu bentuk kemajuan pelayanan publik di bidang keimigrasian yang membuat masyarakat lebih merasa nyaman, aman, dan mudah dalam mengurus permohonan paspor. Kami juga terus berkomitmen memberikan pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat,” ujar Rakha.

Baca Juga:  Banyak Perubahan, Kakanwil Apresiasi Kondisi Imigrasi Ponorogo Saat Ini

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak memberikan pujian yang sangat positif terkait inovasi jemput bola dari Kantor Imigrasi Balikpapan.

“Layanan Eazy Passport sangat luar biasa, semoga Kantor Imigrasi Balikpapan dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Irjen Pol. Herry Rudolf yang merupakan lulusan terbaik Akpol 1990.

Kapolda yang berpengalaman dalam bidang resese ini pun menambahkan bahwa, kegiatan ini sangat membantu para anggota Korps Bhayangkara, keluarga, serta PNS dalam mengurus paspor, utamanya terkait masalah waktu.

“Sebuah terobosan baru dimana kantor imigrasi yang jemput bola dengan pelayanan Eazy Passport ini, jadi anggota di sini yang mau buat paspor nggak perlu meluangkan waktunya di hari kerja untuk datang ke Kantor Imigrasi Balikpapan. Layanan ini sangat luar biasa,” ujar Kapolda Kaltim. (*)