Inilah Alasan Mengapa Harus Konsumsi Pisang Cavendish Frui! Setiap Hari

PISANG adalah salah satu komoditas yang tidak mengenal musim dan banyak ditanam oleh masyarakat terutama di lahan pekarangan  tegalan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dari 2015 hingga 2018, produksi buah pisang nasional cukup tinggi mencapai mencapai 7,29 juta ton per tahun.

Sentra produksi pisang terdapat di propinsi Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Timur. Di Asia, lndonesia termasuk penghasil pisang terbesar karena 50% dari produksi pisang Asia dihasilkan oleh lndonesia dan setiap tahun produksinya terus meningkat. lndonesia memiliki ragam varietas atau kultivar pisang yang cukup banyak misalnya pisang ambon kuning, ambon lumut, barangan, raja juiu, raja sere, badak, kepok kuning, nangka, tanduk, agung, emas, dll.

Namun, untuk bersaing ke pasar dunia layak mempertimbangkan agribisnis pisang unggulan, seperti Pisang Cavendish Frui!, karena jenis pisang ini semakin diminati oleh berbagai negara pengimpor di dunia.


Bibit Pisang Cavendish Frui!, berasal dari Kosta Rika, Amerika Tengah. Namun Pisang Cavendish Frui! di tanam di Indonesia, tepatnya di Lampung Timur oleh perkebunan milik PT. Agro Prima Sejahtera (APS). Berbeda dengan Pisang Cavendish lainnya. Pisang Cavendish Frui! merupakan kategori buah Subtropis dengan daging buah putih kekuningan, yang rasanya manis, ideal dan lunak, serta kulit buah yang tebal.

Direktur Utama PT. Agro Prima Sejahtera Tjipto Widodo mengatakan bahwa, pohon Pisang Cavendish Frui! ditanam menggunakan metode kultur jaringan oleh tenaga ahli dan professional. Proses panen dan pengepakan Pisang Cavendish Frui! sudah menggunakan teknik yang modern.

“Kelebihan Pisang Cavendish Frui! lainnya yaitu memiliki umur simpan yang lebih lama jika disimpan pada suhu ruangan yang pas yaitu 7 hari saat kulit pisang sudah berwarna kuning secara keseluruhan,” ujar Tjipto usai menggelar Launching dan Customer Gathering, di Ballroom lantai 2, Hotel JW Marriott Surabaya, Jumat (30/11/2018).


Dirinya menjelaskan bahwa, selain rasanya yang enak, Pisang Cavendish Frui! memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh karena mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, potasium, magnesium, vitamin A, B6 dan C, sehingga dapat membantu menjaga tubuh kita agar tetap fit.

“Mulai dari proses panen sampai pengepakan, buah Pisang Cavendish Frui! juga sudah melewati tahapan pengecekan kualitas secara bertahap. Untuk khasiatnya bisa dijadikan menu utama makanan penambah energi. Sebab, buah ini mengandung banyak karbohidrat, senyawa yang bisa anda bakar menjadi energi tubuh yang alami dan sehat,” jelasnya.

Menurutnya, selain wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali, pihaknya optimistis untuk memperluas pangsa pasar ke wilayah Yogyakarta, Semarang, Palembang, dan Makasar. “Target penjualan bukan hanya di Indonesia saja, karena kita juga akan terus memperluas perkebunan ini hingga masuk ke pasar Internasional. Dengan tujuan kita bisa bantu meningkatkan devisa negara, dan mengurangi pengangguran di Indonesia,” tuturnya.

Launching dan Customer Gathering Frui! Jatim

Tujuan diadakan Launching dan Customer Gathering Frui!Jatim ini, menurut Tjipto sebagai bentuk ceremonial untuk perkenalan produk Pisang Cavendish  Frui! secara luas ke pelanggan dan konsumen di Jawa Timur. “Serta menjalin sinergi kerjasama yang lebih baik dengan mitra bisnis, agar dapat lebih meningkatkan hubungan bisnis yang lebih baik dan dapat tumbuh dan berkembang bersama,” katanya.

Sementara itu, Sales & Marketing Director Tantosin Goseri menambahkan bahwa, khusus Jawa Timur target penjualan mencapai 6.500 kilogram per hari atau 500 box. “Untuk Jabodetabek sendiri jumlahnya lebih tinggi, berkisar 1000 box atau 13.000 kilogram per hari. 1 box isinya 13 kilogram,” ujar Tantosin.

Seperti diketahui, saat ini Pisang Cavendish Frui! sudah dapat ditemukan di beberapa modern market di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali. Produk Pisang Cavendish Frui! sendiri terdiri dari Frui Cluster, Frui Petite, Frui baby, Frui Single dan Frui Sport. Selain itu, konsumsi Pisang Cavendish Frui! juga mempunyai manfaat serta faedah antaralain sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber energi sebab kandungan karbohidrat sederhananya cukup untuk mengganjal perut.
  2. Menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan kandungan kalium tinggi dan sangat ampuh mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan biang serangan jantung.
  3. Penyeimbang darah. Pisang Cavendish Frui! kaya akan vitamin B6 yang berperan aktif dalam pembentukan antibody dan juga hemoglobin di dalam darah. Vitamin B6 juga dikenal sebagai penyeimbang kadar gula di dalam darah kita. Jadi konsumsi Pisang Cavendish Frui! tentu menyehatkan!
  4. Melindungi sistem syaraf dan menjauhkan potensi terkena stroke.
  5. Sebagai mood booster. Sebab pisang mengandung senyawa triptofan yang berperan serotonin, zat yang bertanggungjawab atas perasaan bahagia dan rileks pada manusia.
  6. Menjaga kesehatan ginjal. Sebab kalium pada Pisang Cavendish Frui! bisa mengurangi eksreksi kalsium dalam urin.
  7. Baik untuk kesehatan otak.
  8. Menenangkan perut serta meredakan rasa perih akibat luka di dalam lambung.

Itulah manfaat dari Pisang Cavendish Frui!. Rajin konsumsi Pisang Cavendish Frui!  setiap hari untuk tubuh yang lebih sehat. Kita juga bisa berkreasi menciptakan berbagai makanan atau perawatan tubuh dari si kuning ini! Selamat mencoba. (adv)