Ini Kriteria Sosok Calon Ketua DPD RI di Mata OSO

JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan pemimpin lembaga para senator periode 2019-2024 nanti harus betul-betul figur terbaik. Senator asal Kalimantan Barat (Kalbar) itu mengatakan, ketua harus mencintai DPD RI.

“Kriterianya tentu yang mencintai DPD RI seperti saya, loyal, bukan orang-orang yang pernah “cedera” di DPD itu sendiri,” ungkap OSO saat buka puasa bersama anggota DPD RI Periode 2014 – 2019 dengan sejumlah senator terpilih periode 2019-2024 di kediamannya, Jalan Karang Asem Utara, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5).

OSO menegaskan jangan sampai lembaganya dipimpin oleh orang yang pernah “cedera” di DPD. “Nanti DPD-nya yang cedera,” ungkapnya.

OSO yang juga ketua umum Partai Hanura itu berpesan para anggota DPD yang baru nanti bisa memilih ketua atau pimpinan yang bermartabat.

“Insyaallah DPD yang baru memilih pimpinan dari orang-orang bermuruah dan bermartabat,” ungkap OSO.

Dia menyerahkan pemilihan itu kepada para anggota DPD yang baru nanti. Mekanismenya, kata OSO, tentu harus sesuai dengan tata tertib. “Yang penting pemilihan itu dilakukan bermuruah dan bermartabat dan menghasilkan figur pemimpin yang teruji,” paparnya.

Lebih jauh OSO berharap anggota DPD baru nanti memilih pemimpin secara cerdas, bukan karena pengaruh, materi dan sebagainya. “Biarkan dia dipilih secara moral bermartabat, dan akhirnya lahir pemimpin yang betul-betul berarti dan bertanggung jawab terhadap pembangunan DPD itu sendiri,” pungkas OSO.(boy/red).

- Advertisement -