Imigrasi Tanjung Perak Gelar Rapat TIMPORA di Bojonegoro Guna Optimalkan Pengawasan Orang Asing

BOJONEGORO – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), di Hotel Aston Bojonegoro, Jl. MH. Thamrin No.100, Ledok Wetan, Bojonegoro, pada Kamis, (21/3/19).

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Aston itu dibuka langsung Kakanim Tanjung Perak Romi Yudianto yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha (TU) Verico Sandi. Verico didampingi oleh Kasi Inteldakim, Washington Saut Dompak.

Dalam sambutannya, Kasubag Tata Usaha (TU) Verico Sandi menyampaikan bahwa, Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Bojonegoro ini digelar guna kelancaran TIMPORA agar tercipta koordinasi dan kolaborasi harmonis antar instansi terkait dalam rangka pengawasan orang asing di Kabupaten Bojonegoro.

“Dengan adanya rapat ini maka pengawasan orang asing di Kabupaten Bojonegoro semakin meningkat dan dapat berjalan lancar,” kata Verico dalam sambutannya.

Baca Juga:  Jaga Kualitas Layanan, Pimti Pratama Sidak Kanim Tanjung Perak

“Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 2011, tentang Keimigrasian, Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011, tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50 tahun 2016, tentang Pengawasan orang asing,” tambahnya.

Menurut Verico, pemerintah tidak dapat menutup diri dari kehadiran orang asing di Indonesia. Oleh karena itu, kehadiran orang asing tersebut harus diiringi dengan upaya kesiapan dari semua pihak terkait untuk melakukan pengawasan orang asing.

“Dibentuknya TIMPORA ini merupakan langkah nyata untuk memberikan kontribusi positif ke instansi pemerintah dan negara dalam rangka menjaga stabilitas nasional,” tutur Verico.

Baca Juga:  Menyambut Hari Bhakti Imigrasi, Kanim Blitar Gelar Cek Kesehatan Gratis

Verico juga memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada seluruh TIMPORA Kabupaten Bojonegoro atas peran aktifnya dalam melakukan pengawasan orang asing.

Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota TIMPORA Kabupaten Bojonegoro diantaranya, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bojonegoro, Kepala BNNK Bojonegoro, Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kabupaten Bojonegoro, Kabinda Kabupaten Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, Kadis Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Dandim 0813/Bojonegoro, Kepala Kejari Bojonegoro, Kepala Kemenag Kabupaten Bojonegoro, Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro, Kadis Dukcapil Kabupaten Bojonegoro, Kadisnaker Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu turut hadir Camat, Kapolsek dan Danramil dari masing-masing 5 Kecamatan yakni, Kecamatan Bojonegoro, Kecamatan Dander, Kecamatan Gayam, Kecamatan Kanor, dan Kecamatan Padangan. (Red).