Imigrasi Surabaya Serahkan Paspor CJH 2019 Secara Simbolis

SIDOARJO – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menyerahkan secara simbolis paspor Calon Jemaah Haji (CJH) 1440H/ 2019M, pada empat perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto.

Secara simbolis penyerahan paspor dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Barlian, yang didampingi Kabag TU Habibukrahman, Kabid Tikim Nanang Mustofa, Kabid Doklanintal Ramdhani, Kabid Inteldakim Arief Satoto, Kasi Komunikasi RA. Tyas Kristyaninrum, dan juga para Kepala Kemenag Kota/Kab, pada Kamis (4/4).

Dalam laporannya, Barlian menyampaikan, bahwa jumlah pemohon paspor CJH tahun ini sebanyak 6991 paspor. Dari jumlah tersebut, 3488 paspor telah selesai. Sedangkan 3149 paspor telah diserahkan kepada masing-masing perwakilan kota/kabupaten. Sisanya sejumlah 339 paspor yang belum diserahkan.

“Untuk Kota Surabaya jumlah pemohon paspor CJH sebanyak 2508 paspor, Kab. Sidoarjo 2269 paspor, sedangkan Kota Mojokerto hanya 72 paspor jumlahnya lebih sedikit dari Kab. Mojokerto yakni sebanyak 2142 paspor,” ujar Barlian.

Baca Juga:  Target Capaian Kinerja 2019 Kanim Surabaya Meningkat

“Proses penerbitan paspor bagi CJH diawali dengan kegiatan Tim Mobile yang melakukan perekaman biometrik CJH langsung di Kantor Kementerian Agama masing-masing,” tambahnya.

Barlian juga mengapresiasi dan terima kasih kepada bawahannya, khususnya bagian pelayanan paspor yakni Bidang Doklanintal yang telah berhasil menyelesaikan penerbitan paspor, meski bekerja hingga malam hari.

“Terima kasih kepada teman-teman Doklanintal yang sudah memproduksi paspor, kerja dari siang sampai malam. Semoga benilai ibadah dari Allah. Yakinlah kerja ikhlas akan mendapat ganjaran dari Allah,” kata Barlian.

Menurut dia, kesuksesan pembuatan paspor haji ini terwujud berkat adanya koordinasi yang baik antara Kanimsus Surabaya sebagai penerbit paspor dengan Kantor Kementerian Agama di masing-masing Kota dan Kabupaten.

Baca Juga:  Komitmen Menuju WBK, Kanim Madiun Gelar RDK Bahas Pembangunan ZI

“Ini semua sesuai dengan harapan saya, sehingga pelayanan kepada calon jemaah haji lebih cepat. Saya berharap para calon jemaah haji nantinya bisa menjadi haji yang mabrur dan bersiap untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini ,” tuturnya.

Selain itu, perwakilan dari Kemenag Kota Surabaya mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh Kanimsus Surabaya, sebab pengurusan paspor calon jemaah lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Kami sangat senang dan bahagia karena Kanimsus Surabaya telah selesaikan paspor hijau ini lebih awal. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pengurusan paspor tahun ini lebih cepat. Kami juga berharap pelayanan untuk paspor haji ke depan untuk lebih baik lagi dan calon haji kita menjadi haji yang mabrur,” tandas Suba’i selaku Kepala Kemenag Kota Surabaya. (pank).