Imigrasi Jakarta Timur Buka ULP di Mal Cibubur Junction

JAKARTA – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di pusat perbelanjaan yang dikelola Lippo Mall Indonesia, Cibubur Junction yang berlokasi Jakarta Timur.

ULP ini resmi beroperasi pada 29 November 2021, ditandai dengan pita oleh Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Godam didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Timur Yusup Umardani, dan juga perwakilan dari PT Lippo Malls Indonesia Pahala Situmeang serta Mall Director Cibubur Junction Aji Widiarto.

Unit Layanan Paspor Cibubur Junction berada di lantai 2 dengan luas area lebih dari 250 m2 dan siap melayani pembuatan paspor baru baik elektronik ataupun biasa hingga penggantian paspor dengan layanan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur dengan kapasitas pembuatan paspor sebanyak 30 per harinya.

Beroperasi pada setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sebelum datang ke ULP, pemohon pembuatan paspor baru, penggantian paspor karena habis masa berlaku, hingga pembuatan paspor hilang dan rusak wajib mendaftar terlebih dahulu melalui Aplikasi Kuota Antrian Paspor Online (Apapo) yang terdapat di Playstore atau AppStore.

Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Godam mengatakan wilayah administrasi Kota Jakarta Timur memiliki luas 188,03 km3 yang terdiri dari 10 kecamatan. Hal ini menjadi tantangan Kantor Imigrasi Jakarta Timur untuk memperluas jangkauan layanan.

“Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Cibubur Junction dalam pengadaan ULP untuk memberikan pelayanan dan memudahkan masyarakat wilayah Jakarta Timur. Ke depannya, kami terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam memberikan pelayanan publik yang menjunjung tinggi nilai keterbukaan, sederhana, jelas, mudah diakses, cepat, dan murah,” papar Godam.

Baca Juga:  Buka Unit Layanan Paspor Baru, Imigrasi Tanjung Perak MoU dengan Pasar Atom Mall

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Timur Yusup Umardani menjelaskan bahwa pembukaan ULP ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kanim Jakarta Timur dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di wilayah Jakarta Timur. Di era pandemi Covid-19, program pembuatan paspor ini banyak diminati oleh instansi maupun perusahaan atau perorangan.

Pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Lippo Malls yang telah menyediakan area secara gratis di mal Cibubur Junction yang juga memiliki lokasi strategis yang bisa dikunjungi masyarakat.

“Hal ini menjadi keuntungan bagi Kantor Imigrasi Jakarta Timur untuk mendirikan ULP sehingga dapat menjangkau wilayah Jakarta Timur lainnya seperti Cibubur, Ciracas, Cipayung, dan sekitarnya. Kami berharap kehadiran ULP ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” jelas Yusuf.

Menurut Yusuf, pelayanan yang baik yaitu pelayanan yang didekatkan ke masyarakat. Pembentukan ULP dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan paspor.

“Hadirnya Unit Layanan Paspor di pusat keramaian seperti Mal Cibubur Junction dapat meningkatkan efektifitas pelaksanaan fungsi keimigrasian dan mendekatkan pelayanan penerbitan paspor bagi masyarakat di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur dan daerah sekitarnya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh para pihak,” tuturnya.

Yusuf menargetkan agar area pelayanan keimigrasian ULP ini dapat mencakup area yang lebih luas, dimana ULP ini berada di lokasi strategis berdampingan antara Kota Bekasi, Kota Depok dan Jakarta Timur.

“Semakin luas jangkauan pelayanan publik, semakin bagus suatu instansi pelayanan. Penambahan lokasi pelayanan paspor seiring dengan bertambahnya akses masyarakat terhadap penerbitan dan penggantian paspor akan semakin mudah,” ujar Yusuf.

Baca Juga:  Komitmen Menuju WBK, Kanim Madiun Gelar RDK Bahas Pembangunan ZI

Harapannya dapat memecah konsentrasi layanan, dapat membantu dan menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Pelayanan publik berbasis di mall ini, diharapkan membuat masyarakat lebih nyaman, lebih santai. Masyarakat pun memperoleh layanan keimigrasian dengan suasana baru dan sekaligus dapat berkegiatan lain di area perbelanjaan yang nyaman.

“Di ULP hanya melayani penggantian paspor habis masa berlaku dan pengajuan paspor baru. Permohonan penggantian paspor hilang/rusak dapat dilayani di Kantor Imigrasi Jakarta Timur,” pungkas Yusuf.

Sementara itu , Mall Director Cibubur Junction Aji Widiarto mengatakan pihaknya mengapresiasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur telah menghadirkan Unit Layanan Paspor yang pertama kali hadir di mal Cibubur Junction.

Pembukaan ULP ini sejalan dengan komitmen Lippo Malls dalam mendukung Pemerintah untuk menghadirkan layanan publik lebih dekat dengan masyarakat, mengingat mal merupakan public facility yang menjadi tujuan masyarakat untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

“Tentunya dengan fasilitas pendukung seperti ketersediaan parkir yang cukup dan fasilitas lainnya seperti food court, akses transportasi umum yang akan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan yang lebih baik,” ucap Aji.

Seperti yang diketahui, lanjut Aji, selama pandemi Covid-19 berlangsung lebih dari 1,5 tahun, bisnis pusat perbelanjaan mengalami tekanan yang cukup berat. Cibubur Junction sebagai salah satu destinasi mal di kawasan Cibubur tetap bertahan dan terus berupaya memberikan kontribusi untuk menggerakan kegiatan perekonomian khususnya sektor ritel.

“Serta, memberikan pelayanan publik yang memadai masyarakat salah satunya dengan cara pembukaan ULP di Cibubur Junction ini,” tutup Aji. (Red).