Haris Sukamto Paparkan Aplikasi SIAP ZI Di Hadapan Kakanwil Se-Indonesia

JAKARTA – Aplikasi SIAP ZI (Sistem Informasi Administrasi Pembangunan Zona Integritas) yang dibuat oleh tim TI Kanwil Kemenkumham Jatim mendapatkan pengakuan secara nasional.

Hari ini (7/10) aplikasi tersebut mendapat kesempatan untuk dipaparkan di hadapan para Pimti Madya dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jatim se-Indonesia.

Aplikasi berbasis Web itu dipaparkan langsung oleh Kadiv Administrasi Haris Sukamto di acara Workshop Pembangunan ZI Menuju WBK/ WBBM Tahun 2020 Di Lingkungan Kemenkumham. Acara yang digelar di Ballroom 1 JS Luansa Hotel and Convention itu dihadiri seluruh Pimti Madya dan Pratama, para Staf Ahli Menkumham, para kakanwil, USAID, Center for Detention Studies (CDS) dan perwakilan KemenPAN-RB.

Baca Juga:  Pakai Penutup Kepala dari Berbagai Daerah, Pegawai Kemenkumham Jatim Menari Sajojo Bersama

Haris mengawali paparan dengan menampilkan video teaser aplikasi SIAP ZI. Haris menjelaskan bahwa aplikasi SIAP ZI telah diterapkan di Kanwil Kemenkumham Jatim. Sehingga pada tahun 2020 nanti, sudah dapat dilihat progres pembangunan ZI di seluruh UPT Jatim secara real time.

Selain itu, Haris juga menjelaskan bahwa aplikasi SIAP ZI telah didaftarkan di Dirjen Kekayaan Intelektual. Surat Pencatatannya pun telah diterbitkan. Meski begitu, Haris mengungkapkan bahwa aplikasi SIAP ZI akan didedikasikan untuk Kemenkumham RI. Yang nantinya bisa dipergunakan di seluruh satker jajaran di Indonesia.

Baca Juga:  Suasana Lebaran, Adakan Silahturahmi Sekaligus Koordinasi Dengan BNNP Jatim

“Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB Muhammad Yusuf Ateh telah menyatakan dukungan dan berencana menerapkan aplikasi ini secara nasional,” terangnya.

Selain Haris, Kadivpas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta R. Andhika Dwi Prasetya juga memaparkan inovasi kinerjanya dengan membuat aplikasi survey IPK/ IKM. (Ran).