Hadapi “New Normal”, Komunitas Pelita Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Olahraga Bersepeda

SIDOARJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa waktu lalu mengatakan, Indonesia akan memasuki tatanan kehidupan baru (new normal). ” New Normal” yaitu perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Coronavirus Disease (COVID-19).

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu dari 3 Kabupaten/Kota di wilayah Surabaya Raya, yang meliputi Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik, yang sebelumnya memutuskan sepakat tak memperpanjang penerapan PSBB yang telah diterapkan selama tiga periode. Mereka pun mulai memasuki masa transisi penerapan fase new normal selama dua minggu.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Komunitas Sepeda Lipat Padepokan Pitu Dua (Pelita) mengajak masyarakat untuk tetap mentaati Protokol Kesehatan.

“Penerapan era new normal untuk menghentikan penularan virus. Maka dari itu kami mengajak semua elemen masyarakat untuk tetap menggunakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak aman, penerapan Sosial Distancing dan Physical Distancing dalam beraktivitas, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun secara disiplin, meningkatkan kebersihan di rumah dan di kantor, dan membatasi perjalanan yang tidak penting,” kata Yohanes Victor Narendriadmoko, usai terpilih menjadi Ketua Pelita masa bhakti 2020-2021.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 DPR Tinjau Protokol ‘New Normal’ ke Kemenkes

Vicky sapaan akrabnya juga berharap di kehidupan New Normal ini masyarakat bisa bekerja sama dan disiplin tinggi melawan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo.

“Mari kita bersama-sama melawan pandemi covid-19 ini dengan membiasakan diri berperilaku sehat dan disiplin,” pinta Vicky.

Vicky pun menegaskan bahwa Komunitas Pelita siap akan membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pendisiplinan protokol kesehatan untuk menyongsong kehidupan normal yang baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

“Kami siap membantu TNI-Polri dan Pemerintah Daerah termasuk dengan Gugus Tugas untuk melawan covid-19 ini. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan semua masyarakat tetap beraktivitas tapi aman dari Covid-19,” ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk kembali pada gaya hidup sehat dengan giat olahraga, agar badan selalu sehat, sehingga daya tahan tubuh juga bagus terjauh dari berbagai macam virus penyakit termasuk corona.

Baca Juga:  Pelibatan TNI Dalam ‘New Normal’ Tidak Perlu Dipersoalkan

“Kita sedang ada musibah yaitu virus Corona. Virus ini terlalu berbahaya. Maka itu yang terpenting kita harus menjaga daya tahan tubuh kita dengan berolahraga seperti sepedahan ini,” ungkap Vicky.

Masih kata Vicky, banyak cara untuk menciptakan gaya hidup sehat, salah satunya dengan bersepeda. Sebab menurut dia, kegiatan bersepeda merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Ya, dengan bersepeda tubuh akan tetap sehat. Bagi masyarakat yang mau bergabung dengan komunitas kami, cukup memiliki sepeda lipat saja. Sepeda lipat merk apa saja boleh, tanpa harus yang merk mahal, yang terpenting bisa bersepeda sehingga tubuh menjadi sehat,” tandas pria yang juga berprofesi sebagai Konsultan Pajak ini. (AF)