Gebyar Expo Pengembalian BB, Kapolda Jatim: Kami kembalikan secara gratis

SURABAYA – Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti yang digelar Polda Jatim resmi dibuka Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Selasa (24/9/2019).

Acara yang akan berakhir sampai 30 September ini diserbu ratusan korban pencurian yang hendak mengambil kendaraan pribadinya.

Cara untuk mengambil kendaraan menurut Luki, pemiliknya harus membawa persyaratan seperti BPKB, STNK dan bukti lainnya. Total ada 828 kendaraan yang dipajang di lapangan Mapolda Jatim. Ribuan yang berhasil diungkap oleh Polda Jatim dan Polres Jajaran.

“Pengembalian barang bukti ini digelar pada hari ini, Selasa (24/9/2019) secara serentak di seluruh Polres jajaran Polda Jatim. Total keseluruhan 1.500 kendaraan, di sini (Lapangan Polda Jatim, red) ada 828 kendaraan, ada 160 kendaraan roda empat. Sisanya roda dua,” kata Kapolda.

Baca Juga:  Ketua Umum IDMI Apresiasi Enam Polres Jajaran Polda Jatim Sandang Predikat Pelayanan Prima

Sebelum acara dimulai yang diawali dengan pemotongan pita, kata Luki pihaknya telah mendapatkan telepon dari para korban yang hendak mengecek kendaraan yang dipajang.

“Sampai saat ini, baru ada 40 yang telepon. Ada juga yang datang menunjukkan dan kami langsung serahkan,” paparnya.

Bahkan Luki juga menegaskan untuk para korban yang ingin mengambil kendaraannya tidak dikenakan biaya apapun. Sedangkan bagi kendaraan yang rusak karena telah lama tidak digunakan, Polda Jatim telah menyediakan servis gratis.

“Kami kembalikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Dan kami juga menyediakan servis gratis bagi kendaraan yang bermasalah, mengingat tidak pernah dipakai,” imbuh Luki.

Baca Juga:  Kapolda Jatim Tinjau Keamanan Gereja di Misa Malam Natal Bersama Gubernur dan Pangdam V/Brawijaya

Sunarsih (41), warga Ngoro, Mojokerto mengucapkan terima kasih atas kinerja Polda Jatim yang menangkap pelaku yang mencuri kendaraan yang baru saja lunas. Dia cukup senang bisa mendapatkan kembali motornya yang hilang.

“Syukur alhamdulillah bisa ketemu lagi, ndak enak kalau ndak ketemu nanti disangka banyak orang ngomong kalau sepeda yang saya beli itu ndak barokah. Terima kasih bapak Kapolda,” kata Sunarsih saat ditemui di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya. (Ady)