Gantikan Sunarta, M. Dofir Resmi Jabat Kajati Jatim

SURABAYA – Dr Sunarta, S.H., M.H., serahkan jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim kepada Dr Mohammad Dofir, S.H., M.H., secara simbolis dalam acara pisah sambut yang dilanksanakan di kantor Kejati Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (14/10/2019).

Pantauan dilokasi, acara yang berlangsung di lantai 8 ini bertujuan, memperkenalkan Dr Mohamad Dofir sebagai Kajati Jatim dihadiri Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, serta deretan Bupati dan Walikota seluruh Jawa Timur.

Dalam pidatonya, Sunarta menilai Dofir bisa hebat lagi memimpin institusi Adhiyaksa di wilayah Jatim ini.

“Mengingat beliau (M Dofir) merupakan putra daerah asli Jawa Timur. Saya yakin beliau bisa lebih hebat lagi,” ujar Sunarta disambut riuh tepuk tangan para undangan.

Sunarta juga tak lupa mengucapkan rasa bersyukur dan terimakasihnya kepada semua pihak yang selama ini membantu prestasi dalam kinerjanya.

“Saya sudah berkeliling (tugas, red) namun Jatim merupakan tempat yang paling berkesan bagi saya. Jawa timur merupakan provinsi yang ke 16 selama saya bertugas,” terang Sunarta.

Ia juga mengatakan bahwa Jawa Timur merupakan provinsi yang penuh dinamika. Namun semua permasalahan yang timbul, bisa diselesaikan berkat kerjasama yang sudah terjalin antar dalam Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda). Ada Gubernur, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur.

Sunarta juga membocorkan bahwa dalam tugas awalnya sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen (Sesjamintel) pada Kejaksaan Agung RI, dirinya diperintah untuk sering berkunjung ke daerah, dan daerah pertama yang bakal ia kunjungi adalah Jawa Timur.

“Untuk itu saya berharap saya bisa diterima (lagi) saat berkunjung ke Jawa Timur,” candanya disambut tawa para undangan.

Sunarta juga berpamit Selasa pagi (15/10/2019) dirinya sudah terbang ke Ibukota guna menjalankan tugas jabatan barunya. (Ady).