Final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya VS Persija di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Supporter The Jack Mania Tidak Diijinkan Menonton

SURABAYA – Guna untuk mengantisipasi kericuhan pada pertandingan Final Piala Gubernur Jatim 2020, antara Persebaya Surabaya lawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) besok, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan tidak ijinkan supporter The Jack Mania menonton secara langsung.

Menurut Luki, pihaknya telah melakukan pengamanan ekstra ketat untuk menjaga pertandingan di wilayahnya agar berjalan dengan aman lancar, kondusif dan tertib. Maka unsur TNI-Polri akan disiagakan agar kejadian kerusuhan di Blitar tidak terjadi.

“Terkait dengan pengalaman tersebut karena barusan rapat dengan instansi terkait lengkap baik dari satuan pengaman dari TNI dan Polri dari instansi samping dan pihak Pemprov dan PSSI dari panpel kesehatan dan lain-lain dan sepakat untuk kejadian kemarin tidak terulang lagi dan kami akan melakukan pengamanan ekstra ketat besok. Dan tadi sudah diputuskan bahwa lokasi daripada tempat pertandingan final itu ada di Sidoarjo di Deltras,” jelas Luki, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga:  Jelang Pelantikan Presiden, Polisi dan TNI Siagakan 1.700 Personil Amankan Jawa Timur

Lebih lanjut Luki menjelaskan, dalam gelaran final Persija melawan Persebaya, suporter yang diperkenankan hadir di stadion hanyalah suporter Persebaya (Bonek).

Kendati meskipun diijinkan menonton secara langsung, kata Luki supporter Bonek Mania juga harus mengikuti aturan yang ada di dalam stadion.

“Kita melihat antara Persebaya dan Persija ini punya sejarah, sehingga kita sepakat bahwa untuk suporter dari Persija tidak akan ikut hadir di stadion dan kita sudah koordinasi dengan Polda Metro jaya untuk melarang dan menyiapkan tempat tempat Nobar,” jelasnya.

Baca Juga:  Kasus MeMiles, Polisi Tangkap 2 Tersangka Baru, Ratusan Miliar Rupiah Disita

Ditanya nasib suporter Persija (The Jak Mania) yang sudah terlanjur datang sejak kompetisi ini digelar, Luki memastikan akan menyediakan tempat untuk nobar di beberapa tempat di Malang.

“Apabila sudah ada yang terlanjur datang, kita juga akan siapkan kanalisasi untuk disiapkan nonton di tempat di Malang. Sudah kami siapkan juga untuk PJKA sudah kami siapkan dan kami sudah koordinasi dengan gubernur karena ini Piala Gubernur kantor kantor kecamatan Polsek Kodim kami minta untuk nanti menayangkan nobar bersama itu,” pungkasnya. (Ady)