Edy Sigit Budiman Resmi Jabat Kalapas Lumajang

LUMAJANG – Edy Sigit Budiman resmi menggantikan Agus Wahono sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Lumajang yang baru, dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab), bertempat di Lapangan Tengah, Senin (27/12).

Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur (Kanwil Kemenkumham Jatim) Gun Gun Gunawan memimpin acara sertijab tersebut.

Agus Wahono kini dipromosi menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas IIA Kembang Kuning Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Sedangkan Edy Sigit Budiman sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas IIB Luwuk Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah.

Plt. Kadivpas Gun Gun Gunawan menyampaikan bahwa Lapas Lumajang merupakan salah satu Lembaga Pemasyarakatan yang mempunyai SDM yang unggul.

Menurut Gun Gun, banyak hal yang dimiliki Lapas Lumajang dalam hal peningkatan pelayanan ataupun dalam hal pembinaan.

“Salah satu contohnya adalah terjalinnya kerja sama yang terwujud nyata dalam pembangunan pembinaan dan juga peningkatan pelayanan yang ada di Lapas Lumajang,” kata Gun Gun.

Baca Juga:  Terkonfirmasi COVID-19, Mantan Walikota Mojokerto Meninggal Dunia

Gun Gun juga mengapresiasi kinerja Agus Wahono selama menjabat sebagai Kalapas Lumajang. Sedangkan kepada Edy Sigit Budiman Kalapas yang baru, Gun Gun meminta agar bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Beberapa prestasi telah diraih oleh Pak Agus Wahono, diantaranya peringkat pertama dalam satuan kerja dengan nilai penyampaian LPJ Bendahara pengeluaran terbaik Tahun 2020. Kemudian peringkat terbaik ketiga dalam katagori satker dengan nilai IKPA terbaik Tahun 2020 dari KPPN Jember. Semoga sukses meniti karir ditempat baru, kami semua senantiasa mendoakan dan memberikan dukungan,” ujar Gun Gun.

“Untuk Kalapas baru segera bangun sinergi dengan APH dan Pemda. Lakukan juga deteksi dini untuk cegah gangguan kamtib menjelang akhir tahun. Harapan saya kepada Bapak Edy sebagai Kalapas yang baru dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya,” tutup Gun Gun menambahkan.

Sementara Sertijab yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Lumajang Indah Amperawati, mengatakan bahwa Forkopimda Lumajang siap akan melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

Baca Juga:  Kemenkumham Jatim Usulkan 493 WBP Dapat Remisi Natal

“Kami siap membantu dan bekerjasama dalam bidang pembinaan dan juga dalam hal lainnya. Banyak juga hal yang dilakukan oleh Lapas Lumajang saat erupsi Gunung Semeru, sehingga bisa merubah persepsi lapas selama ini ditengah-tengah masyarakat,” kata Wakil Bupati Lumajang.

Dalam kesempatan tersebut Agus Wahono menyampaikan terasa berat untuk meninggalkan keluarga besar Lapas Lumajang.

“Sebenarnya berat, tetapi saya juga harus menjalankan tugas baru di Lapas Kembang Kuning Nusakambangan. Banyak kesan yang terjadi selama saya dinas di Lapas Lumajang,” ujar Agus.

Sedangkan Edy Sigit Budiman, sebagai Kalapas Lumajang yang baru mengatakan bahwa dirinya akan melakukan yang terbaik untuk Lapas Lumajang, dengan harapan adanya bimbingan dari Forkopimda Kabupaten Lumajang.

“Mohon kerjasamanya, insyallah saya akan meneruskan kebijakan dari Kalapas lama. Saya menitip diri dan siap melanjutkan rencana kerja demi Lapas Lumajang yang lebih baik lagi,” terang Edy. (Red).