Edukasi Mengenai Kanker Serviks, Gejala dan Pencegahannya

JAKARTA Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) bersama dengan Aplikasi Pro Sehat memberikan edukasi kepada para calon pengantin yang hadir dalam acara Wedding Expo di Balai Kartini, Jakarta Selatan, mengenai kanker serviks, gejala dan pencegahannya, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini dinilai penting untuk dilakukan mengingat para perempuan ini nantinya akan menjadi calon istri dan calon ibu dimana mereka harus dapat melindungi diri mereka terlebih dahulu sebelum melindungi keluarganya dari bahaya kanker serviks.

Upaya pencegahan sangat penting untuk dilakukan segera, salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV.

Hal tersebut sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan bahwa tindakan pencegahan primer untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah dengan melakukan vaksinasi HPV yang membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV, sehingga tubuh memiliki kekebalan terhadap virus HPV yang berisiko tinggi sebabkan kanker serviks.

Oleh karena itu, vaksinasi HPV penting dilakukan sedini mungkin, khususnya bagi para perempuan sebelum menikah dan aktif berhubungan seksual agar mengurangi risiko terkena virus HPV.

Duta Cegah Kanker Serviks, Wulan Guritno, mengatakan, kanker serviks tidak seharusnya menghentikan mimpi perempuan-perempuan di Indonesia untuk tetap hidup dan berkarya.

Bersama KICKS, dia mengajak perempuan Indonesia untuk mulai melindungi diri dan orang-orang yang mereka sayangi dengan vaksinasi HPV serta deteksi dini untuk melawan kanker serviks.

“Mulailah dengan memberikan perlindungan kepada diri kita terlebih dahulu. Sedangkan bagi yang sudah menikah seperti saya, jangan lupa melakukan deteksi secara reguler setiap tahunnya melalui tes papsmear,” kata Wulan di Balai Kartini. (Red/WK).

- Advertisement -