DPR dan Pemerintah Komitmen Sukseskan PON XX dan Peparnas XVI Papua

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin rapat gabungan Komisi I, II, III, dan X bersama dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemuda dan Olahraga, TNI, POLRI, Badan Intelijen Negara (BIN) serta Wakil Gubernur Papua dan para Bupati di Papua.

Puan menyampaikan, DPR RI bersama Pemerintah berkomitmen mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Papua.

Sukses PON dan Peparnas meliputi, sukses administrasi, penyelenggaraan, prestasi, dan keamanan.

“Rapat gabungan antara Pemerintah dengan Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi X, maka DPR mempunyai kesimpulan, bahwa DPR berkomitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 di Papua,” papar Puan di Ruang KK II DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Puan yang diwampingi Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin dan Wakil Ketua Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel itu menyampaikan, DPR RI mendesak Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi bekerja keras mensukseskan PON XX dan Peparnas XVI khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaiaan pembangunan venue dan ketersediaan akomodasi.

Baca Juga:  Legislator Imbau Lima Anggota BPK Terpilih yang Dilantik Tingkatkan Kinerja

“DPR mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala BIN, dan TNI, POLRI untuk menjamin keamanan di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Kota yang menjadi penyelenggaran PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020,” jelas politisi PDI-Perjuangan itu.

Puan juga menjabarkan, bahwa sukses PON XX dan Peparnas XVI di Papua akan menjadi salah satu langkah strategis untuk menjaga NKRI.

Menurut Puan ini bukan hanya sekedar sukses prestasi olahraga, tapi bagaimana penyatuan dan penyeimbangan keterlibatan seluruh unsur bangsa antara wilayah barat dan wilayah timur Indonesia.

Pimpinan dan Anggota Komisi I, II, III, dan X DPR RI turut hadir dalam rapat gabungan itu.

Baca Juga:  Dorong Koperasi sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Sementara itu Kepala BIN Budi Gunawan mengungkapkan, BIN, TNI, dan POLRI telah melakukan operasi gabungan intelijen, operasi pemulihan keamanan, untuk menjaga stabilitas keamanan di Provinsi Papua, khususnya di Kota Jaya Pura, Kabupaten Jaya Pura, Mimika, dan Merauke.

“Sampai dengan saat ini dan prediksi kedepan keamanan bisa kita jaga. Tentu ada sistem keamanan terbuka dan tertutup karena ada kunjungan kehadiran dari beberapa kepala negara, khususnya negara-negara Asia Pasifik,” ujar Budi.  

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, acara pembukaan PON XX dan Peparnas XVI akan diselenggarakan di Stadion Papua Bangkit.

Pelaksanaan PON dan Peparnas akan dilaksanakan 20 Oktober sampai 2 November, setelah selesai pelaksanaan Pilkada 23 September 2020. Nanti akan ada 37 cabang olah raga, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan dan akan dihariri oleh kurang lebih 6442 atlet. (ann,eko/sf)