Divisi Keimigrasian Jatim Gelar Rapat TIMPORA

SURABAYA – Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Provinsi Jatim terus meningkatkan koordinasi antar instansi terkait. Hari ini (20/6) diinisiasi oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Tim PORA melaksanakan rapat koordinasi. Tujuan utamanya untuk melakukan update sekaligus pertukaran data.

Rapat Tim PORA yang digelar di Harris Hotel & Conventions itu diikuti oleh stakeholder terkait. Seperti unsur Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Disnakertrans, Bakesbangpol dan Kepala UPT Keimigrasian di Jatim. Plt. Kadiv Keimigrasian Barlian membuka acara mewakili Kakanwil Susy Susilawati.

Barlian mengungkapkan bahwa rapat ini ditujukan untuk peningkatan koordinasi pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Jatim. Mengingat, Tim PORA merupakan gabungan dari beberapa unsur. Sehingga, perlu diperkuat secara berkala agar semakin optimal dalam melaksanakan tugas.

Baca Juga:  Giliran Kota Probolinggo Yang Akan Punya Unit Kerja Kantor Imigrasi Baru

“Mari kita manfaatkan pertemuan ini untuk melakukan pertukaran informasi dan isu aktual terkait pelanggaran dan/ atau tindak pidana yang dilakukan oleh orang asing sesuai tugas dan fungsi masing-masing instasi,” ajaknya.

Dengan data-data yang ada, Barlian berharap Tim PORA Jatim dapat menyusun langkah-langkah strategis. Terutama untuk pencegahan ekses-ekses negatif yang bisa berdampak pada kompleksitas permasalahan mulai politik, hukum, keamanan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap ada rumusan usulan yang konkret dan berguna bagi kinerja Tim PORA ke depannya,” terangnya.

Baca Juga:  Susy Susilawati Bahas Corpu dan Persiapan Peresmian 3 Kantor Imigrasi

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan diskusi yang diikuti oleh seluruh peserta. Sebagai narasumber adalah Kabid Intelejen dan Penindakan Keimigrasian Wishnu Daru Fajar dan Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Jatim Nurleli Kusuma Siregar. “Hari ini memang kita buat berbeda, agar kita bisa saling sharing data lebih banyak,” tutur Wishnu. (Red).