Ditjen Imigrasi dan Deputi Pemberantasan BNN Sepakat Jalin Kerja Sama

JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) mendatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Deputi Bidang Pemberantasan , pada Rabu (9/10/2019).

Penandatanganan kerja sama yang berlangsung di kantor BNN Cawang, Jakarta timur tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Ronny F. Sompie dengan Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari.

Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie menyatakan bahwa, tidak ada Kementerian/Lembaga yang bisa bekerja sendirian. Ronny mengingatkan pentingnya sharing informasi antar instansi yang berkaitan untuk dapat saling menguatkan.

Baca Juga:  Deklarasi Pembangunan ZI Menuju WBK, Ombudsman Jatim Berikan Selamat Pada Imigrasi Tanjung Perak

“Saya berharap perjanjian kerja sama ini dapat segera ditindaklanjuti, dan semoga ke depan tidak hanya dalam bidang pemberantasan saja, tetapi juga bidang lain misalnya seperti pencegahan,” ungkap Ronny.

Menurut Ronny, ada tiga poin penting yang disepakati dalam perjanjian kerja sama ini di antaranya pengawasan terhadap lalu lintas orang, pelaksanaan operasi terpadu, serta pertukaran data dan informasi.

“Dengan kerja sama ini kami (Ditjen Imigrasi,red) berharap dapat bersama melakukan identifikasi terhadap orang-orang yang masuk ke Indonesia, apalagi jika sudah masuk dalam list daftar pencarian orang (DPO),” ujar mantan Kapolda Bali itu.

Baca Juga:  Imigrasi Tanjung Perak Gelar Rapat Koordinasi TIMPORA

Sementara itu, Arman menyampaikan bahwa, kerja sama antara BNN dan Ditjenim bukanlah hal yang baru. bahwa kerja sama antara keduanya bahkan telah terjalin saat BNN masih menjadi Badan Koordinasi Narkotika Nasional (BKNN).

“Bekerjasama dengan seluruh instansi di dalam negeri, dan kerja sama antar negara adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat ditampikan,” terang Arman. (Ran).