Dishub Jatim Sediakan Angkutan Umum Tambahan Jelang Liburan Nataru 2019

SURABAYA – Jumlah volume kendaraan menjelang liburan panjang hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Jawa Timur akan diprediksi meningkat capai 7 hingga 10 persen. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishub Jatim, Fattah Yasin, Selasa (17/12/2019).

Untuk mengantisipasi meningkatnya volume tersebut, Fattah mengaku telah melakukan koordinasi dengan sejumlah operator moda transportasi, seperti Angkasa Pura, PT KAI dan Pelindo. Pada hasil yang disepakati yakni menyiapkan angkutan tambahan, baik di darat dan laut maupun udara.

“Untuk Natal dan Tahun Baru yang kita tahu bersamaan dengan libur sekolah, kemudian cuti ASN ini tetap dipersiapkan tambahan angkutan kereta api, juga bus serta kapal kami siapkan,” ujar Fattah pada wartawan.

Selain itu masih kata Fattah, penambahan jumlah angkutan umum ini juga berdasarkan dari hasil rapat koordinasi yang digelar Kementerian Perhubungan di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Selama libur Nataru nanti, kami menyediakan 5.900 unit bus, 750 rangkaian kereta api, dan 48 kapal serta 52 penyeberangan yang akan beroperasi di Jawa Timur,” ujar dia.

Sementara itu, penyebab melonjaknya jumlah penumpang adalah perayaan Nataru bersamaan dengan cuti bersama aparatur sipil negara (ASN) dan libur sekolah. Hal ini biasanya dipakai masyarakat untuk melakukan perjalanan.

“Meski di bulan-bulan ini dalam setahun ini ada penurunan di pesawat. Insyaallah selama pelaksanaan Natal dan tahun baru tidak akan ada masalah,” pungkas Fattah. (Ady)