Cuma Lima Menit Ngurus Paspor di ULP Kanim Tanjung Perak Pasar Atom Mall

SURABAYA – Direktorat Jenderal Imigrasi melalui Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak telah membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di beberapa pusat perbelanjaan, salah satunya di Pasar Atom Mall Surabaya.

Setiap harinya ULP Pasar Atom Mall melayani 100 orang pemohon paspor baik pembuatan baru maupun pergantian paspor.

Meylando Yoga Perdana, selaku Penyelia (Supervisor) ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall mengatakan, jika bagi masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau pergantian bisa langsung mendaftar antrean melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO), dengan cara mendownload di Google Play Store. Atau dengan inovasi isi form (perdim online) melalui website layananpaspor.imigrasitanjungperak.com.

“Kami sediakan 100 kuota bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor. 80 kuota melalui aplikasi APAPO, dan yang 20 kuota melalui website. Jadi sebelum pemohon paspor kesini bisa daftar online baik melalui aplikasi maupun lewat website resmi kami,” kata Lando sapaan akrabnya, di Pasar Atom Mall Surabaya, Selasa (26/11).

Baca Juga:  TPI Kanim Tanjung Perak Lakukan Sidak ke ABK

Penggunaan sistem online itu, menurut Lando untuk mempermudah pemohon mendapatkan antrean. Selain itu juga untuk mengantisipasi praktik percaloan di ULP Pasar Atom Mall. Pelayanan dibuka dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

“Untuk paspor baru harus melampirkan KTP Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, dan Akta Lahir. Sedangkan untuk penggantian paspor cukup e-KTP dan paspor lama,” ujar Lando.

Sementara itu, Sulilah Maimuna (65) warga Surabaya, salah satu pemohon paspor umroh mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall.

Menurutnya, proses pembuatan paspor di ULP Pasar Atom Mall ini sangat cepat, mudah dan nyaman. Penggunaan sistem antrean online juga sangat membantu proses pembuatan paspor.

“Pelayananya sangat bagus, petugasnya ramah-ramah, dan cepat sekali. Sebelumnya anak saya sudah daftarkan melalui online, alhamdulillah hanya lima menit sudah selesai proses wawancara dan foto paspornya,” puji Sulilah.

Lain lagi dengan Ipan (41) warga Jombang yang juga membuat paspor bersama anak dan istrinya di ULP Pasar Atom Mall untuk kepentingan wisata ke Malaysia.

Baca Juga:  Imigrasi Tanjung Perak Gelar Rapat TIMPORA di Bojonegoro Guna Optimalkan Pengawasan Orang Asing

Menurut pria berambut gondrong ini, pelayanan paspor di ULP Pasar Atom Mall Kanim Tanjung Perak ini sangat memuaskan.

“Pelayanan sangat cepat dan tanggap, tempatnya juga nyaman, dan proses antrean onlinnya juga sangat baik. Cuma lima menit proses paspornya,” kata Ipan.

Ipan juga mengapresiasi inovasi dari Kanim Tanjung Perak yang membuka ULP di Pasar Atom Mall. Karena menurutnya, dengan berada di pusat perbelanjaan proses menunggu antrean juga tidak membuat para pemohon paspor merasa jenuh.

“Bagus juga inovasinya, dengan membuka layanan paspor di Pasar Atom Mall, kita sekeluarga bisa membuat paspor sekalian refreshing,” ujarnya.

Perlu diketahui, Unit Layanan Paspor Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall ini, resmi dibuka pada Selasa (22/10/19) waktu lalu. Dibukanya ULP ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Surabaya selaku pemohon dalam pembuatan paspor. (AF)