BPN Bantah Prabowo ke Luar Negeri, Imigrasi: Prabowo Terbang ke Brunei

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam, jelang pengumuman pemenang Pilpres 2019 oleh KPU.

Kabar Prabowo ke luar negeri yaitu ke Brunei sebelumnya dibantah oleh Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Hal ini dikatakan Dahnil terkait foto Prabowo Subianto yang tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar.

Dahnil mengatakan, foto yang beredar tersebut merupakan gambar lama. Sebab, pada Jumat 17 Mei 2019 hingga malam, Prabowo berada di kediamannya.

“Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jadi adalah fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti seword ini,” tulis Dahnil dalam akun twitternya, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.

Selain Dahnil, Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade juga mengatakan, Prabowo tidak berada di Brunei Darussalam.

“Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi,” kata Andre.

Dia pun menegaskan, Prabowo tidak ada niatan ke luar negeri. “Tidak ada,” tegas Andre.

Sementara itu, kabar Prabowo ke luar negeri, dibenarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigasi (Ditjenim). Kasubag Humas Ditjenim Kemenkumham, Sam Fernando mengatakan, Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019.

“Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin,” kata Sam Fernando kepada media, Sabtu (18/5/2019).

Sam mengatakan, Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000.

“Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau. Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12,” kata Sam Fernando. (tri/red).

- Advertisement -