Bertemu Menko Polhukam, Ketum PWI Bahas Hari Pers Nasional 2020 di Papua

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto melaksanakan pertemuan dengan Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari.

Pertemuan yang dilaksanakan di Kemenko Polhukam pada Senin, (5/8/2019) tersebut, membahas tentang rencana Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang rencananya digelar di Papua.

“Ada kerja sama antara PWI dan Kemenko Polhukam terutama untuk Hari Pers Nasional nanti ya, akan dilaksanakan di Papua dan itu butuh suatu dukungan dan kerja sama,” ujar Menko Polhukam.

Menurut Wiranto, bagi Kemenko Polhukam pelaksanaan HPN tahun 2020 di Papua merupakan suatu rencana yang sangat bagus dan perlu dilakukan perencanaan yang lebih matang lagi.

Baca Juga:  PWI Beri Gelar Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia untuk Alm BJ Habibie

“Walaupun memang perlu adanya pembiayaan yang lebih mahal karena masalah transportasi, tapi dari sisi kewilayahan ya, dari persatuan bangsa dan dari segi peran pers untuk menyatukan atau katakanlah memelihara satu wilayah nasional sangat penting,” jelas Wiranto.

Sementara itu, Ketum PWI Atal S Depari menyampaikan bahwa, sejak Sumatera Utara mengundurkan diri dari rencana awal pelaksana HPN 2020, PWI Pusat langsung mengelar rapat.

“Dan hasil rapat sepakat HPN 2020 kita gelar di Jayapura, Papua,” ujar Atal.

Menurut Atal pemilihan Papua sebagai tuan rumah HPN 2020 merupakan inisiatif dari PWI untuk menunjukkan kepada dunia mengenai realitas yang terjadi di wilayah itu.

Baca Juga:  Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional, Jokowi Sebut Insan Pers Adalah Teman

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia. Mungkin melalui HPN tersebut, bahwa Papua itu tidak seperti yang digambarkan selama ini,” katanya.

Selain nanti ajang HPN dihadiri oleh para wartawan dari seluruh Indonesia, “Gema HPN tersebut juga akan mendunia, karena akan dihadiri oleh beberapa wartawan dari negara sahabat,” tandasnya. (End).