Barkod Jokowi Siap Tangkal Berita Hoax

GRESIK, – Tim relawan 01 Jokowi – Amin menyiapkan tim media yang diberi nama gerakan Gresik menulis untuk melawan berita-berita hoax, yang menyerang Capres – Cawapres 01.

Gerakan Gresik Menulis ini dibentuk, untuk mengajak agar masyarakat dapat mengetahui tentang isi berita dan cara menulis berita, agar masyarakat dapat mencegah isu-isu berita Hoax. Ungkap Rachmad Rofik Ketua DPC Barisan Relawan Komunitas Dukung (Barkod Jokowi) di Gresik Senin (8/4/2019.

Berita Hoax atau bohong harus kita lawan, karena dampaknya bagi kehidupan sosial dan politik sangat destruktif, bisa mengoyak keharmonisan bangsa dan menyuburkan tradisi yang buruk di tengah kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Pemuda Pancasila Sumenep Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019

“Dengan terbentuknya tim Gerakan Gresik Menulis, akan menyaring berita-berita hoax, kemudian membuat berita yang berbasis data dan fakta dari kegiatan Capres-cawapres Jokowi-Amin,” tambahnya.

Tim Gerakan Gresik Menulis akan ditugaskan dalam mengawal berita-berita di media sosial maupun media online, “Jika ditemukan berita yang diduga hoax, bisa langsung diklarifikasi kebenarannya. Sehingga masyarakat luas tidak sampai terbawa isu berita hoax tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan aksi simpati untuk mengajak seluruh masyarakat khusunya Kabupaten Gresik untuk peduli dan bersama-sama memerangi penyebaran informasi hoax, yang marak di media sosial.

Baca Juga:  MK Tolak Permohonan PHPU Prabowo-Sandi, Jokowi-MA Dinyatakan sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Banyak informasi hoax yang viral di medsos kemudian memicu keributan bahkan merembet menjadi kerusuhan fisik. “Hal ini menghabiskan energi, namun juga berpotensi mengganggu keamanan nasional,” pungkas Rachmad Rofik. (red).