Atlet Selam Kabupaten Pasuruan Raih Juara Umum

GRESIK – Prestasi mengejutkan dicapai oleh atlet selam Kabupaten Pasuruan, mereka berhasil meraih juara umum dengan merebut 11 emas, 1 perak, 3 perunggu.

Sedangkan Kota Surabaya harus puas di posisi kedua dengan 3 emas, 10 perak, 6 perunggu disusul Kota Kediri 2 emas, 2 perak, 1 perunggu. Kemudan Lumajang di posisi empat dengan 2 emas, dan Kabupaten Malang diperingkat lima 1 emas, 5 perka, 3 perunggu.

Ketua Umum POSSI Kabupaten Pasuruan, Andy Lukito mengaku bangga dengan prestasi para atlet yang sudah berjuang maksimal untuk bisa merebut juara umum Porprov.

Dia juga mengungkapkan rahasia keberhasilan meraih juara Porprov yakni dengan meniru program Puslatda selam Jatim yang menerapkan sport science.

Baca Juga:  Logo dan Maskot Porprov Jatim VI 2019 Akan di Launching di Grahadi

“Kami meniru semua program latihan Puslatda yang dilakukan oleh KONI Jatim dan terbukti efektif untuk membina atlet, hasilnya kami bisa meraih juara umum,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa (9/7).

Itulah mengapa setelah Porprov Banyuwangi 2015, POSSI Kabupaten Pasuruan melakukan Puslatcab jangka panjang dengan menerapkan sport science.

“Kami mendapat dana yang cukup dari Pemkab Pasuruan untuk menggelar Puslatcab,” katanya.

Selain itu ia juga mendukung target Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang menargetkan agar Kabupaten Pasuruan bisa berada di peringkat 7 pada Porprov tahun ini.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Dampingi Menpora Tutup Porprov VI Jatim

“Target itu menjadi motivasi kami agar cabor selam bisa meraih medali emas sebanyak mungkin,” katanya.

Sementara itu salah satu pengurus POSSI Kabupaten Pasuruan Riyad mengatakan dari 16 atlet yang dibawa ke Porprov VI, lima adalah eks Porprov Banyuwangi dan sisanya adalah murni pembinaan.

“Hasilnya justru atlet yang tidak pernah berlaga di Porprov berhasil meraih emas,” katanya. (Red).