Aplikasi M-Paspor dari Imigrasi Permudah Bikin Paspor

Imigrasi Hadirkan Aplikasi M-Paspor
Ditjen Imigrasi menghadirkan inovasi terbaru yaitu aplikasi M-Paspor pada hari ini, Kamis (30/12/2021).

JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meluncurkan aplikasi M-Paspor pada Kamis (30/12).

Melalui aplikasi tersebut, masyarkat hanya tinggal mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah kelengkapan berkas melalui aplikasi.

Melalui Aplikasi M-Paspor ini, para pemohon dapat mengajukan permohonan dengan mengunggah scan berkas ke aplikasi.

Dengan begitu, menurut Angga pemohon tidak perlu lagi menunggu lama untuk petugas mengunggah dan memasukkan data permohonan.

“Dalam aplikasi M-Paspor terdapat fitur-fitur yang mengakomodir tahapan permohonan paspor yang biasa dilakukan secara tatap muka,” ujar Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara.

Permudah Masyarakat Mendapatkan Pelayanan

Angga menerangkan bahwa pemohon juga dapat mengunduh aplikasi M-Paspor pada Playstore dan meng-install di telepon pintar.

Baca Juga:  Gelar Rapat TIMPORA, Kanim Pamekasan Sosialisasi Aplikasi e-Pantau

Selanjutnya, pemohon dapat mengunggah berkas persyaratan dan memilih kantor imigrasi serta jadwal kedatangan yang diinginkan.

Tahapan berikutnya, pemohon harus melakukan pembayaran di kanal-kanal yang tersedia baik secara daring seperti marketplace Tokopedia dan Bukalapak maupun luring seperti Bank, Kantor Pos dan Indomaret.

Angga menambahkan, pada tahapan berikutnya, pemohon harus melakukan pembayaran di kanal-kanal yang tersedia baik secara daring seperti marketplace (Tokopedia dan Bukalapak).

Selain di marketplace, pemohon juga bisa membayar melalui luring seperti Bank, Kantor Pos dan juga Indomaret.

Batas waktu pembayaran, kata Angga, yaitu dua jam setelah dokumen pemohon paspor diunggah.

Kini Bikin Paspor Cukup Lewat Aplikasi

Untuk saat ini, Ditjen Imigrasi masih “soft launching”. Nanti kantor imigrasi yang akan membuka kuota antrean paspor untuk pertama kali di aplikasi M-Paspor adalah Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Imigrasi Jakarta Pusat, dan Imigrasi Tangerang.

Baca Juga:  Kesigapan Pegawai Kanim Blitar

“Untuk saat ini kami masih soft launching. Nanti 3 Kantor Imigrasi tersebut yang membuka kuota antrean paspor pertama kali,” tambah Angga.

Sementara ini, aplikasi M-Paspor baru dapat diakses oleh pengguna smartphone Android. Adapun versi iOS masih dalam tahap approval oleh Appstore.

“Untuk tahapan terakhir yaitu penyerahan paspor, pemohon dapat meminta paspor yang sudah jadi untuk dikirimkan ke rumahnya melalui jasa PT. Pos Indonesia,” tandas Angga. (Red).